Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok PDF


(DOC) RUBRIK PENILAIAN diskusi DOKUMEN.TIPS

Rubrik. Rubrik ( rubrics) adalah instrumen penilaian yang digunakan dosen dalam mengukur kinerja mahasiswa berdasarkan deskripsi spesifik yang menggambarkan kemampuan mahasiswa untuk suatu level tertentu pada suatu aspek (Mertler, 2006; Reddy & Andrade, 2010; Stevens & Levi, 2005). Rubrik yang hanya memiliki dua level dalam satu aspek dikenal.


Contoh Rubrik Penilaian Diary Guru

Rubrik penilaian. 1. Lembar Penilaian Diskusi (Kelompok) No Sikap/Aspek yang dinilai Nama kelompok/ peserta Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif Penilaian kelompok 1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok (komunikasi) 3 Hasil tugas (relevansi dengan bahan) 4 Pembagian Job 5 Sistematisasi Pelaksanaan Jumlah Nilai Kelompok.


Rubrik Penilaian Diskusi PDF

1. Contoh Rubrik Penilaian Pengetahuan (Kognitif) Penilaian pengetahuan (kognitif) dapat dilakukan dengan cara tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Tes tulis terdiri atas pilihan ganda, isian, benar-salah, uraian dan menjodohkan. Tes lisan berupa pertanyaan yang diberikan secara lisan, sedangkan penugasan berupa pekerjaan rumah.


rubrikpenilaianformatlembarpenilaiandiskusikelompok (1).docx

5. Jumlah skor Catatan: a. Kolom skor diisi dengan angka sebagai berikut: 4 = sangat kompeten 3 = kompeten 2 = kurang kompeten 1 = tidak kompeten b. Penilaian dapat dilakukan dengan kriteria sebagai berikut Skor minimum : 1 x 7 (aspek yang dinilai) = 7 Skor maksimum : 4 x 7 (aspek yang dinilai) = 28 Kategori kriteria : 4 Rentangan Nilai : 28 - 7 ----- = 5.25 4 Penentuan Kriteria: Skor 23-28.


RUBRIK PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK PDF

1. RUBRIK PENILAIAN. Format Lembar Penilaian Diskusi (Kelompok) No Sikap/Aspek yang dinilai Nama kelompok/ Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif Penilaian kelompok 1. Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik 2 Kerjasama kelompok (komunikasi) 3 Hasil tugas (relevansi dengan bahan) 4 Pembagian Job 5 Sistematisasi Pelaksanaan Jumlah Nilai Kelompok Format Lembar Penilaian Diskusi (Individu Peserta.


Lampiran 4. Rubrik Penilaian Diskusi Dan Praktikum PDF

diskusi FORMAT PENILAIAN SIKAP DALAM DISKUSI KELOMPOK NO NAMA KRITERIA PESERTA DIDIK non PENILAIAN NILAI AKHIR. 3. 4. 5. 1 Pedoman penskoran : Jumlah skor perolehan X 100 Jumlah skor maksimal Rubrik penilaian keterampilan Kriteria Sangat baik 4 Baik 3 Cukup 2 Perlu Pendampingan 1 Menunjukkan contoh bentuk- bentuk sederhana norma sebagai.


Rubrik Pemberian Skor Diskusi Rubrik Penilaian Diskusi Pemberian Skor Diskusi 1. Jika

Rubrik Penilaian Keterampilan Diskusi adalah dkomen yang sangat penting Dalam melakukan kegiatan diskusi di kelas, hendaknya guru memiliki perangkat berupa rubrik penskoran keterampilan siswa dalam melakukan diskusi dan presentasi. Hal ini berguna untuk menilai beberapa aspek, diantaranya adalah kemampuan bekerja sama maupun berkomunikasi.


Contoh Format Rubrik Penilaian Riset Riset

Membuat RUBRIK untuk penilaian diskusi kelompok. Kita tentu sering menggunakan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran. Tujuan menggunakan metode ini adalah agar siswa dapat melatih kerjasama, mengemukakan pendapat dan tanggung jawab dalam kelompok. Untuk membantu siswa melaksanakan diskusi kelompok secara efektif, maka sebagai guru kita.


Rubrik Penilaian Diskusi PDF

Contoh Alternatif 1 Rubrik Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Umum) sebagai Penilaian Pembelajaran. Contoh Alternatif 2. Lembar Ceklis. Contoh Alternatif 3 A. Rubrik Terinci. Contoh Alternatif 3 B Rubrik Terinci Penilaian Pembelajaran Fase E. Catatan : Contoh rubrik penilaian pembelajaran kurikulum merdeka dijelaskan di panduan pembelajaran dan.


Rubrik Penilaian Diskusi PDF

Rubrik Penilaian. Kegiatan Pendahuluan dan Penutup. Power Point IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA.pptx. Lembar wawancara siswa. 10. lampiran 5 format penilaian presentasi kelompok. Model ASSURE: Konsep dan Contoh Penerapan. Rencana evaluasi & Peerteaching PPG Daljab 2022 .pptx. Angket minat belajar siswa.


9. lampiran 4 format penilaian diskusi kelas

Rubrik penilaian tidak hanya memberikan kerangka kerja yang jelas untuk mengevaluasi kinerja peserta didik, tetapi juga membantu meningkatkan transparansi, obyektivitas, dan akurasi proses penilaian.Dalam dunia pendidikan, penilaian menjadi elemen kunci untuk mengukur pencapaian peserta didik.. Lembar Penilaian Diskusi Kelompok.


RUBRIK PENILAIAN

Pada umumnya rubrik digunakan untuk penilaian yang bersifat subjektif dalam asesmen seperti presentasi, penulisan makalah, portofolio, hasil diskusi, dan project. Kali ini kita akan berfokus pada penyusunan rubrik untuk penilaian tugas atau ujian yang menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning.


Rubrik Penilaian Diskusi Sesi 1 PDF

Lembar Pengamatan Rubrik kegiatan Diskusi Aspek Pengamatan Meng- Mengharg Jlm No. Nama Siswa Kerja komunika Toleran Keakti ai Nilai Ket. Skor sama sikan pen- si fan pendapat dapat teman Kriteria Nilai A = 80 - 100 : Baik Sekali B = 70 - 79 : Baik C = 60 - 69 : Cukup D = ‹ 60 : Kurang Rubrik Penilaian Presentasi As pe k Pe nila ian.


Rubrik Penilaian Diskusi PDF

Apakah Anda ingin belajar cara menilai diskusi secara efektif dan objektif? Jika ya, Anda dapat mengunduh dokumen ini yang berisi rubrik penilaian diskusi untuk kelompok atau peserta didik. Dokumen ini berformat DOC dan mudah diakses dan diedit sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat melihat dokumen lain yang terkait dengan topik pendidikan, teknologi, perjalanan, dan lainnya di DOKUMEN.


rubrikpenilaianformatlembarpenilaiandiskusikelompok (1).docx

RUBRIK PENILAIAN Lembar penilaian diskusi kelompok No. Sikap/Aspek yang dinilai Nama Kelompok/ peserta Nilai Kualitatif Nilai Kuantitif Penilaian Kelompok. Kriteria Penilaian : Kriteria indikator Nilai kualitatif Nilai kuantitatif 80 - 100 Memuaskan 4 70 - 79 Baik 3 60 - 69 Cukup 2 45 - 59 kurang 1


rubrikpenilaianformatlembarpenilaiandiskusikelompok (1).docx

Manfaat Rubrik. Terdapat beberapa manfaat penggunaan rubrik dalam penilaian, yakni: Penilaian objektif, konsisten dan berkriteria jelas. Memberikan informasi bobot penilaian. Siswa dapat mengukur pencapaian dengan rubrik. Siswa mendapatkan feedback yang cepat dan tepat. Sebagai instrumen refleksi pembelajaran. Sebagai pedoman penilaian.

Scroll to Top